KESBANGPOL GELAR SOSIALISASI PENINGKATAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN DI KALANGAN PELAJAR

KESBANGPOL GELAR SOSIALISASI PENINGKATAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN DI KALANGAN PELAJAR

KUALA TUNGKAL – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menyelenggararan Peningkatan Nilai-Nilai Kebagsaan di Kalangan Pelajar.

Diskusi berlangsung 22 Maret 2016, Pukul 08.30 WIB s/d selesai di Aula Kantor Kesbangpol. Peserta diskusi generasi muda pelajar SMA dan SMK sederajat Se Tanjab Barat. Dihadiri Kaban Kesbangpol Drs. H. Lukman  Aziz, Perwakilan Kesbangpol Jambi sekaligus sebagai pemateri.

Dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, menurut Wakil Bupati, wawasan kebangsaan merupakan hal yang sangat penting dan pondamental untuk ditanamkan kepada setiap warga negara terlebih pada rema sebagai proses dalam pembentukan sikap moral agar memiliki kecintaan terhadap tanah airnya dalam memelihara kesinambungan perjalanan kehidupan bangsa, serta terpeliharanya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), ujar Wakil Bupati Amir Sakib saat memberikan arahan.

Terlebih bagi bangsa Indonesia yang amat heterogen, karena terdiri dari berbagai suku bangsa, agama dan adat istiadat, sangat penting dibangun kesadaran dan komitmen, untuk merasa satu, yakni satu tanah air, satu bahasa dan satu bangsa.

“Di tengah arus globalisasi dan proses demokrasi yang sedang berjalan saat ini, maka penguatan pemahaman nilai-nilai wawasan kebangsaan merupakan kebutuhan mutlak, utamanya bagi kelompok generasi muda yang biasanya rentan terhadap pengaruh luar yang bertentangan dengan perilaku dan budaya bangsa,” tandas Amir Sakib.

“Bila pemahaman wawasan kebangsaan seluruh komponen bangsa meningkat, maka kuatlah keutuhan persatuan dan kesatuan NKRI. Karena secara sadar akan muncul semangat atau dorongan hati yang kuat untuk cinta tanah air, membela dan menjaga keutuhan NKRI sesuai bidang dan tatanan, kemampuan dan kewenangan bidang masing-masing,” tegasnya.

Terkait pelaksanaan UN tahun 2016 hanya beberapa

bulan lagi, Wabup juga tekankan, berbagai pihak yang terlibat di dalam pelaksanaan UN ini harus mempersiapkan diri.

”Seluruh sekolah, siswa dan siswi yang akan melaksanakan ujian agar mempersiapkan diri. Pihak sekolah harus segera melakukan persiapan seperti mengadakan belajar tambahan, terobosan hingga try out, agar pringkat kelulusan bisa ditingkatkan dari tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Kepada siswa diharapkan tidak bermain-main lagi, keluyuran malam, hingga buang-buang waktu ngumpul bersama teman teman. “Gunakan waktu yang masih ada untuk belajar agar ketika menghadapi UN nanti bisa dengan tenang, berhasil dengan prestasi yang gemilang,” pungkasnya.

Sumber : Lintas Tungkal

Share this post

Post Comment