KESBANGPOL PROVINSI JAMBI GELAR SOSIALISASI DAN PENANDATANGANAN KOMITMEN BERSAMA ANTISIPASI FAHAM RADIKALISME DAN ISIS DI TANJAB BARAT

KESBANGPOL PROVINSI JAMBI GELAR SOSIALISASI DAN PENANDATANGANAN KOMITMEN BERSAMA ANTISIPASI FAHAM RADIKALISME DAN ISIS DI TANJAB BARAT

KUALA TUNGKAL – Badan Kesbangpol Provinsi Jambi bekerjasama dengan Kesbangpol Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kamis (02/6) melaksanakan Sosialisasi pencegahan Paham Radikalisme dan Terorisme Bagi masyarat, pemuda, ormas, mahasiawa dan pelajar tingkat SLTA.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Polda Jambi, Kajati Jambi, Kebangpol Jambi itu, menurut Bupati Safrial, “sangat penting mengingat pelajar khususnya dan generasi muda umumnya adalah target utama propaganda radikalisme.

“Disamping dalam rangka meningkatkan wawasan dan pemahaman bagi para pelajar tentang paham dan aliran yang dapat membahayakan pertumbuhan generasi muda, juga sebagai langkah strategis dalam upaya  untuk menangkal dan membentengi diri pelajar dari faham radikalisme,” ujar Bupati pada saat membuka Sosialisasi di Aula Balai Pertemuan Kantor Bupati, Kamis pagi

Diharapkan generasi muda di Kabupaten Tanjung Jabung Barat akan lebih waspada terhadap ancaman dari luar dan juga sebagai modal  bagi pelajar memahami lingkungan sehingga tidak mudah terpengaruh dengan adanya aliran radikal.

“Kepada pelajar di Tanjab Barat harus pro aktif bersama pemerintah untuk memberantas paham radikalisme demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Apalagi di tengah maraknya kemajuan teknologi internet dan sosial media saat ini,” pesan Safrial.

Tak lebih pentingnya peran orang tua agar senantiasa mendampingi dan memberikan pendidikan termasuk ilmu agama kepada anak-anaknya juga merupakan langkah positif yang harus dilakukan guna mencegah radikalisme dan terorisme.

Ditegaskan Bupati, tanpa sosialisasi dengan menanamkan paham kebangsaan, yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, dikhawatirkan paham Radikalisme, Terorisme dan Isis, akanmenggerogoti generasi muda sebagai penerus bangsa, yang akanmembahayakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam kegiatan ini dilaksananakan Penandatanganan Komitmen Bersama Masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat Menolak Paham Radikalisme dan ISIS yang ditandatangai bersama diantaranya, Bupati Tanjung Jabung Barat DR. H. Safrial, MS, Kodim 0419/Tanjab oleh Kasdim Mayor Inf Firdaus, Polres Tanjabbar oleh Kasat Intelkam AKP Denny Eko Saputra, SIK, SH, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda oleh Ketua Pemuda Pancasila Feri Elvianto, SH, serta perwakilan Mahasiswa dan Pelajar SMA. Disaksikan Kabid Penanganan Konflik Kesbangpol Jambi Sigit Eko Yuwono dan Sekretaris Kesbangpol Tanjab Barat M. Jamil Gumri, S.Ag.

Salah satu isi komitmen tersebut “mendukung Pemerintah Daerah/Pusat untuk menerbitkan Undang-Undang yang secara tegas dan jelas melarang keberadaan ISIS di Kabupaten Tanjung Jabung Barat guna memelihara persatuan dan kesatuan bangsa”.

Sumber : Lintas Tungkal

Share this post

Post Comment