JELANG PILKADES, KESBANGPOL GELAR PEMBINAAN PENDIDIKAN POLITIK

JELANG PILKADES, KESBANGPOL GELAR PEMBINAAN PENDIDIKAN POLITIK

KUALA TUNGKAL – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tanjung Jabung Barat gelar kegiatan Pembinaan Pendidikan Politik bagi elemen masyarakat dan Partai Politik Tahun 2016 di Hotel Arriyadh Kuala Tungkal, Rabu (26/4).

Pendidikan Politik mengangkat thema “Melalui Kegiatan Sosialisasi Pembinaan Pendidikan Politik Masyarakat Kita Tingkatkan Pengamalan 4 Pilar Kebangsaan dan Bernegara” itu Asisten Ekbang Setda Syafriwan, SE, diikuti sebanyak 100 peserta terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta fungsionaris partai politik.

Asisten Ekbang Setda Syafriwan mengatakan bahwa acara pelaksanaan pendidikan ini sagat tepat dilaksanakan oleh Kesbangpol, pada waktu sekarang ini. Hal ini mengingat Tanjung Jabung Barat akan menghadapi pesta demokrasi, yaitu pemilihan Kepala Desa di 45 Desa se Tanjung Jabung Barat pada 19 Mei mendatang.

Di dalam pelaksanaan pilkades bulan Mei nanti menurut Syafriwan di hadapan peserta mengharap pelaksanaan pilkades serentak 2016 tidak akan menimbulkan keributan-keributan ataupun konflik sosial lainnya. “Pilkades serentak 2016 yang dikehendaki adalah pilkades yang berlangsung dengan tenang, tenteram, dan damai. Desa tetap dalam keadaan yang kondusif dan dinamis,” ujar Asisten membacakan Sambutan Bupati kemarin.

Pembinaan Pendidikan Politik menghadirkan pembicara dari Kesbangpol Provinsi Jambi dan Kabupaten Tanjabbar, Bagian Pemerintahan Desa Seta, serta dari Kodim 0419/Tanjab oleh Pasi Tritorial Kapten Inf Asfarijal tentang Pancasila dan UU 1945.

Menurut Asfarizal, sesuai dengan tema kegiatan, Empat pilar tersebut adalah (1) Pancasila, (2) Undang-Undang Dasar 1945, (3) Negara Kesatuan Republik Indonesia dan (4) Bhinneka Tunggal Ika. Semua itu harus tertanam dalam jiwa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu, terang Pasi Ter, bahwa negera Indonesia ini mengadung 3 kedaulatan, yaitu Kedaulatan kepada Tuhan, Kedaulatan Rakyat, dan kedaulatan hukum dimana tiga elemen ini harus saling berkaitan, sehingga akan tercipta budaya poltik yang baik sesuai dengan apa yang harapkan.

Sumber : Lintas Tungkal

Share this post

Post Comment